Jepang Terima Tantangan Amerika untuk Berduel dengan Robot Raksasa

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 08 Jul 2015 09:38 WIB
teknologi
Jepang Terima Tantangan Amerika untuk Berduel dengan Robot Raksasa
Kuratas, robot raksasa buatan Sudobashi Heavy Industries.

Metrotvnews.com: Pada hari Jumat, pekan lalu, perusahaan pembuat robot raksasa asal Amerika, MegaBot Inc. menantang Suidobashi Heavy Industries, perusahaan pembuat robot raksasa asal Jepang, untuk mengadu kedua robot buatan mereka. Dan kemarin, Suidobashi memberikan jawaban mereka. Mereka menerima tantangan untuk berduel, dengan satu syarat: mereka akan melakukan pertarungan dengan tangan kosong.

Kuratas, robot buatan Sudobashi, dibuat sekitar 3 tahun lalu. Ia bahkan pernah dijual dengan harga USD1.35 juta (Rp18 M). Sementara itu, Megabot, robot buatan MegaBots Inc., baru saja selesai dibuat. Karena itulah, Sudobashi mengakui mereka sangat terkejut dengan tantangan untuk bertarung ini.

Meskipun begitu, mereka tak bisa diam saja setelah ditantang di depan umum seperti itu.

"Reaksi saya? Ayolah, buatlah robot yang lebih menarik. Hanya membuat sebuah robot raksasa dan memasangkan pistol pada robot tersebut... Hal itu adalah tindakan tipikal orang Amerika," kata Kogoro Kurata, CEO Sudobashi.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Kuratas, MegaBot memiliki ukuran yang lebih besar dan dapat dikendalikan 2 pilot. Ia tidak memiliki roda ataupun kaki, sebagai gantinya, ia memiliki tank tread. Gui Cavalcanti, salah satu pendiri MegaBots berkata bahwa tujuan pembuatan MegaBot adalah untuk "Menjadikan konsep yang ada pada video game dan film sci-fi menjadi nyata dalam bentuk robot raksasa petarung."

Pada awalnya, konsep pembuatan robot raksasa ini muncul di Kickstarter, walau pada akhirnya ia bisa dibuat dengan bantuan dari Autodesk, perusahaan software raksasa asal Amerika.

Saat menerima tantangan dari Amerika, Kurata berkata, "Kami tidak bisa membiarkan negara lain menang. Robot raksasa adalah kebudayaan Jepang."

Dia lalu menegaskan bahwa dia akan menerima tantangan ini.

"Ya, saya akan bertarung dengan mereka. Sudah pasti," katanya. Dia juga menambahkan bahwa dia ingin kedua robot raksasa bertarung dengan tangan kosong, tanpa menggunakan pistol.

"Saya ingin memukul mereka hingga jatuh," kata Kurata.

Dia membiarkan tim MegaBots untuk mengatur kapan dan dimana duel ini akan terjadi. Dalam waktu kurun satu tahun, MegaBots sudah harus selesai mempersiapkan duel ini. (Engadget)

Inilah video bagaimana Kurata menerima tantangan dari MegaBots.

 


(ABE)

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

1 hour Ago

KPK hingga saat ini terus mengusut terkait kasus korupsi pengadaan proyek KTP-el. Sejumlah…

BERITA LAINNYA