Ingin Serang Patung Liberty, Tersangka Teroris Ditangkap

Fajar Nugraha    •    Rabu, 08 Jul 2015 07:38 WIB
terorisme
Ingin Serang Patung Liberty, Tersangka Teroris Ditangkap
Patung Liberty diancam serangan (Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Pisa: Seorang pria ditangkap di dekat Pisa, Italia setelah sebelumnya dicari karena bermaksud melakukan rangkaian serangan. Dia bermaksud melakukan serangan ke Patung Liberty di Amerika Serikat (AS) dan Menara Pisa di Italia.

Menurut pihak kejaksaan setempat, pria berusia 25 tahun itu diidentifikasi sebagai Jalal El Hanoui. Dia dikabarkan sesumbar untuk melakukan 'perang suci' terhadap Patung Liberty dan Menara Pisa, melalui tiga akun Facebook berbeda.

Selain kedua bangunan itu, El Hanaoui juga melaporkan serangan di Katedral Santo Basil di Moskow. El Hanaoui juga bermaksud melakukan serangan terhadap pemisah perbatasan di Tepi Barat, Israel.

Jaksa Giuseppe Creazzo menggambarkan sosok El Hanaoui sebagai ahli komputer. Pria tersebut lahir di Maroko tetapi pindah ke Italia bersama keluarganya di usia delapan tahun.

"Tidak negara yang tidak memiliki risiko. Kami harus meningkatkan kewaspadaan atau memperkuat unit yang ditugaskan untuk melindungi lokasi penting," ujar Menteri Dalam Negeri Italia Angelino Alfano, seperti dikutip Mirror, Rabu (8/7/2015).

Italia sendiri sudah meningkatkan kewaspadaan teror sejak Juni lalu, setelah terjadinya serangan di Prancis, Tunisia dan Kuwait.

Sementara El Hanaoui merupakan sosok terakhir yang ditangkap oleh polisi anti-teror Italia.


(FJR)