Semester II, Mandiri Sekuritas Kebanjiran 8 Mandat Penjamin Emisi

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 08 Jul 2015 09:49 WIB
mandiri sekuritas
Semester II, Mandiri Sekuritas Kebanjiran 8 Mandat Penjamin Emisi
Ilustrasi Mandiri Sekuritas. FOTO: Dokumentasi Mandiri Sekuritas

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Mandiri Sekuritas telah meraih tiga mandat surat utang (obligasi) baru dan lima mandat ekuitas di Semester II-2015. Porsi masing-masing mandat yang akan dijalankan sebesar Rp3,2 triliun dan Rp6 triliun.

"Tiga mandat obligasi, ada perusahaan di sektor industri, multifinance atau perbankan, dan properti," ucap Direktur Investment Banking Mandiri Sekuritas Iman Rachman, ketika ditemui dalam acara buka puasa bersama bareng Mandiri Sekuritas, di Jakarta, Selasa (7/7/2015) malam.

Menurut Iman, banyaknya sentimen yang terjadi, baik domestik dan global, tidak membuat aksi penerbitan obligasi lesu sepanjang tahun ini. Buktinya, penerbitan obligasi terlihat marak di tahun ini, dengan melihat kinerja perseroan di semester I-2015.

"Hampir tidak ada perusahaan yang menunda obligasi di tahaun ini, paling mereka kurangi nilainya. Jadi lebih optimistislah," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Capital Market Mandiri Sekuritas Laksono Widodo menguraikan, perseroan sudah memegang lima penjamin emisi ekuitas, terdiri dari dua yang menjalankan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dan tiga yang lakukan right issue.

Mengenai sektor perusahaan yang menjalankan ekuitas, Laksono enggan menceritakannya lebih detail. Tapi, pasar saham tidak begitu moncer seperti obligasi di tahun ini. "Beda dengan pasar obligasi, pasar saham ada yang tunda. Mereka lihat dulu kapan hari yang tepat untuk menerbitkan," pungkas dia.

Sekadar diketahui, Mandiri Sekuritas sudah menjalankan 21 mandat penjaminan emisi sebesar Rp28,6 triliun di akhir 7 Juli 2015. Dari 21 mandat, ada sebanyak 16 mandat yang mengurusi surat utang (obligasi) emiten, dan lima sisanya jadi penjamin emisi saham.

"Untuk surat utang sebesar Rp25 triliun, untuk ekuitas sebesar Rp3,6 triliun. Porsi Rp25 triliun, bagian kami Rp6 triliun," kata Direktur Investment Banking Mandiri Sekuritas Iman Rachman.

Iman menuturkan, pasar obligasi tahun ini cukup bagus, bila dibandingkan dengan pasar saham. Pelaku pasar (investor) bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih baik di pasar obligasi tahun ini. Hal itu terlihat dari mandat yang telah di dapatkan perseroan.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA