Lebaran, 3.616.744 Warga Tinggalkan Ibu Kota

Fauzan Hilal    •    Rabu, 08 Jul 2015 11:28 WIB
mudik lebaran 2015
Lebaran, 3.616.744 Warga Tinggalkan Ibu Kota
Warga mulai mudik tinggalkan Ibu kota. (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memprediksi jumlah pemudik yang meninggalkan Jakarta tahun ini mencapai 3.616.744 jiwa. Diperkirakan jumlah warga yang datang saat arus balik mencapai 3.685.281 jiwa.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan, pendatang baru pada arus balik tahun ini diperkirakan 68.537 orang. “Jumlah pendatang baru diperkirakan naik tiga persen dibandingkan tahun lalu,” kata Edison, Rabu (8/7/2015).
 
Disdukcapil membagi pendatang baru menjadi tiga kelompok. Pertama, pendatang menetap di Jakarta 60 persen. Kedua, pendatang transit dan menetap di kawasan industri yang berada di daerah penyangga 25 persen. Ketiga, pendatang ragu-ragu apakah akan menetap atau kembali ke daerah asal sekitar 15 persen.
 
Edison meminta pendatang menaati aturan kependudukan yang berlaku. Pendatang dilarang menjadi pedagang kaki lima, harus menempati tempat tinggal legal, serta dilarang menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) seperti pengemis, gelandangan, dan anak jalanan.
 
"Pendatang baru wajib memiliki keterampilan dan KTP," tegasnya.
 
Disdukcapil akan melakukan monitoring arus mudik dan balik dari H-9 hingga H+7. Khusus monitoring jumlah penduduk dilakukan hingga H+14.
 


(FZN)

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

1 hour Ago

KPK hingga saat ini terus mengusut terkait kasus korupsi pengadaan proyek KTP-el. Sejumlah…

BERITA LAINNYA