Masjid Kuno Ethiopia Direnovasi

Meilikhah    •    Rabu, 08 Jul 2015 11:43 WIB
masjid
Masjid Kuno Ethiopia Direnovasi
Masjid Nejashi Ethiopia. (worldbulletin)

Metrotvnews.com, Ethiopia: Masjid Nejashi adalah salah satu masjid paling awal di dunia. Dibangun pada abad keempat oleh para sahabat Nabi Muhammad yang diasingkan dari Saudi oleh orang-orang kafir Quraisy. Para sahabat nabi kemudian datang ke Ethiopia, dan menemukan perlindungan di tempat ini.

Masjid Nejashi Terletak di kota Wukro bagian utara Ethiopia, sekitar 800 kilometer dari Addis Ababa. Masjid tua sebagai ikon monumen Islam ini sekarang mengalami renovasi berkat Badan Koordinasi dan Kerjasama Turki (TIKA).

"Kami senang memiliki kesempatan untuk merenovasi monumen Islam ini," kata Ismail Durhat, koordinator TIKA untuk Ethiopia, kepada Anadolu Agency seperti dilansir Worldbulletin, Rabu (8/7/2015).

Menurut Durhat, rencana untuk merenovasi masjid Nejashi sudah ada sekitar empat tahun lalu, tapi baru terwujud tahun 2014 kemarin.

"Rencana ini dilaksanakan dalam dua tahap dan dijadwalkan selesai pada 2016, "katanya.

Situs ini juga menjadi makam ke-15 sahabat Nabi Muhammad yang mengenalkan Islam ke Ethiopia. Sejak situs ini menjadi masjid, Durhat juga menjelaskan detail renovasi juga mencakup pembangunan jalan untuk memberikan akses kemudahan bagi penyandang cacat.

Sejumlah struktur tambahan juga akan dibangun, termasuk akomodasi untuk tamu, ruang duduk dan toilet. Meski begitu, renovasi masjid tak akan mengubah bentuk aslinya. Menurut Durhat, biaya renovasi sepenuhnya ditanggung oleh TIKA.

"Seluruh proyek ini bertujuan untuk melestarikan warisan. Mudah-mudahan, masjid akan menjadi tujuan utama wisata religi,” kata Durhat.

Selain merenovasi masjid Nejashi, Durhat mengatakan bahwa TIKA juga baru melakukan renovasi bangunan era Ottoman di negara Harari Ethiopia. Badan ini, katanya, juga telah membangun sekolah di beberapa negara bagian, termasuk di negara-negara regional seperti Afar, Oromia dan Benishangul Gumuz.



(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA