Siang Ini 194 Capim KPK Ikuti Tes Makalah

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 08 Jul 2015 12:15 WIB
capim kpk
Siang Ini 194 Capim KPK Ikuti Tes Makalah
Jubir Pansel KPK Betti Alisjahbana----MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 194 perserta seleksi calon pimpinan yang lolos seleksi tahap awal mengikuti uji makalah Rabu siang.Mereka akan menjalani tes tertulis sekaligus mengerjakan makalah dengan topik yang nantinya diberikan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Juru Bicara Pansel Betti Alisjahbana menjelaskan, peserta diminta mengumpulkan makalah. Kemudian, mereka mengikuti  tertulis dan pembuatan makalah yang baru.

"Mereka (para pendaftar) akan dikumpulkan di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak Barat, untuk tes tertulis dan pembuatan makalah," ujar Betti kepada wartawan, Rabu (8/7/2015).

Betti menerangkan, secara keseluruhan dalam tahapan seleksi, capim KPK mengumpulkan tiga makalah. Makalah pertama dikumpulkan saat pendaftaran pertama yang mengenai strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Makalah kedua tentang deskripsi diri yang baru dikumpulkan pagi ini sebelum para calon mengikuti tes tertulis. Terakhir makalah yang dikerjakan siang ini.

"Untuk makalah yang ketiga, siang ini dibuat di lokasi. Topiknya baru kita umumkan nanti sebelum makalah dikerjakan. Setiap pendaftar diberi waktu selama tiga jam untuk mengerjakan makalah tersebut," lanjut dia.

Hasil seleksi tahap II, kata dia, akan diumumkan pada 15 Juli mendatang. Pansel kemudian langsung menelusuri rekam jejak para calon yang lolos seleksi kedua. Sejumlah institusi terkiat bakal diminta bantuan dalam proses penelusuran. Mereka adalah kepolisian, kejaksaan, Badan Intelijen Nasional (BIN), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Sesuai dengan apa yang kita rencanakan sejak awal, untuk penelusuran rekam jejak ini kita berkoordinasi dengan sejumlah institusi terkait," ucap Betti.

Pada 27 dan 28 Juli akan dilakukan asessment terhadap para calon. Pengumuman shortlist akan dilakukan 12 Agustus. Kemudian test kesehatan 18 Agustus, dan disusul wawancara pada tanggal 24 hingga 27 Agustus. Terakhir penyampaian laporan pansel kepada presiden, pada 31 Agustus.


(TII)