Mendag Kunjungi Sentra Produksi Cabai di Sukabumi

Antara    •    Rabu, 08 Jul 2015 13:40 WIB
cabai
Mendag Kunjungi Sentra Produksi Cabai di Sukabumi
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jawa Barat: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengunjungi sentra produksi cabai Perbawati, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam rangka kunjungan kerja dan penjualan perdana perdagangan antarpulau sentra cabai.

"Kegiatan di Sukabumi ini merupakan pilot project yang diharapkan akan diikuti oleh dinas perdagangan dari daerah sentra konsumsi cabai lainnya," ujar Mendag, dalam peluncuran perdana program Perdagangan Komoditas Antar-Daerah/Antar Pulau, di sentra produksi cabai Kecamatan Salabintana, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (8/7/2015).

Selain bertujuan untuk menstabilkan harga, ia mengatakan, perdagangan antardaerah/antarpulau juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara daerah surplus dan defisit, serta memperkecil disparitas harga antardaerah. 

"Ini adalah salah satu instrumen Kemendag dalam rangka stabilisasi harga komoditas. Untuk itu, peran serta pemerintah daerah dalam memuluskan perdagangan antardaerah/antarpulau sangat diperlukan," ujarnya.

Mendag menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong para pelaku usaha dan petani agar tidak terpaku dengan perdagangan regional saja. Ia berharap, ke depan perdagangan antardaerah/antarpulau dapat berlangsung bukan hanya pada komoditas cabai, tetapi juga terhadap komoditas pangan lainnya.

Dia mengungkapkan, Kementerian Perdagangan terus memfasilitasi perdagangan komoditas cabai antardaerah yang defisit komoditas cabai agar bisa terkoneksi dan melakukan transaksi langsung ke daerah yang surplus komoditas cabai. "Transaksi ini diharapkan menekan disparitas harga cabai antardaerah," pungkasnya.


(ABD)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA