Investor Asing Positif Lihat Pasar Properti Indonesia

Antara    •    Rabu, 08 Jul 2015 15:04 WIB
properti
Investor Asing Positif Lihat Pasar Properti Indonesia
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Investor asing masih positif melihat potensi yang terdapat dalam pasar properti Indonesia meski negara berpenduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara ini tengah mengalami perlambatan ekonomi seperti kondisi global saat ini.

"Kondisi properti saat ini mengalami perlambatan, namun para investor lokal maupun asing masih cukup positif melihat properti di Indonesia," kata Country Head Jones Lang LaSalle Indonesia Todd Lauchlan, di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Menurut Todd Lauchlan, hal itu ditandai dengan beberapa kerja sama yang terjadi antara investor asing dengan pengembang lokal baik di subsektor residensial atau hunian, subsektor komersial, maupun di subsektor industrial. Diharapkan agar pasar properti di Indonesia bisa membaik sejalan dengan perbaikan kondisi ekonomi.

Sebelumnya, konsultan properti lainnya, Colliers International, menyatakan wacana pembukaan kepemilikan asing untuk properti apartemen mewah atau seharga minimal Rp5 miliar tidak bakal berdampak besar kepada sektor properti nasional.

"Kalau aturan ini diatur untuk orang asing yang berdomisili di Indonesia, dampaknya itu tidak terlalu besar," kata Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto, di Jakarta.

Menurut Ferry, kepemilikan asing bakal berdampak besar tergantung kepada lokasinya seperti di CBD sentra bisnis ibu kota, atau di kawasan selatan Jakarta, atau di Bali. Namun demikian, ia berpendapat, wacana kepemilikan asing untuk properti saat ini masih sebatas rumor dan belum ada kepastian.


(ABD)