Mudik dengan Motor Simbol Status Sosial

Mufti Sholih    •    Rabu, 08 Jul 2015 15:33 WIB
ramadan 2015
Mudik dengan Motor Simbol Status Sosial
Mudik dengan motor-----Abnt/R Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat transportasi Yayat Supriyatna menilai banyaknya pemudik menggunakan sepeda motor sebagai simbol status sosial. Mudik dengan motor juga berguna menghemat biaya.

"Dengan membawa sepeda motor ke kampung halaman, pemudik dapat lebih mudah berkunjung ke rumah sanak keluarga sekaligus menunjukkan status sosialnya," kata Yayat Supriyatna seperti dilansir Antara, Rabu (8/7/2015).

Pengajar Universitas Trisakti itu menyebut, motor sebenarnya bukan moda transportasi jarak jauh. Bersepeda motor jarak jauh punya risiko tinggi celaka. Toh, itu tak menyurutkan mereka. Menurut Yayat, paradigma masyarakat mudik adalah ritual kultural tahunan.

Ritual itu mengunjungi orang tua dan sanak keluarga untuk saling meminta maaf dan bersilaturrahmi. Karena itu, menjelang Idul Fitri arus mudik ke kampung halaman membludak. Guna meminimalkan kemungkinan kecelakaan pada pemudik, Yayat mengusulkan, pemerintah maupun perusahaan swasta memfasilitasi mudik bareng menggunakan bus gratis atau sepeda motor dinaikkan ke kereta.


(TII)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA