Harga Daging Ayam di Pangkalpinang Naik

Antara    •    Rabu, 08 Jul 2015 15:48 WIB
daging ayam
Harga Daging Ayam di Pangkalpinang Naik
Ilustrasi (MI/PALCE AMALO)

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Harga daging ayam di pasar Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, mengalami kenaikan menjelang Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah. Sementara stok daging ayam cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Harga dari distributor daging ayam sudah naik sehingga kami harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk menambah stok. Sementara permintaan masih stabil kemungkinan akan mengalami kenaikan H-2 Lebaran," kata seorang pedagang, Heru, di Pangkalpinang, Rabu (8/7/2015).

Ia menjelaskan, harga daging ayam potong yang sudah dibersihkan naik menjadi Rp33 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp30 ribu per kg, sedangkan daging ayam potong yang belum dibersihkan Rp28 ribu sebelumnya Rp25 ribu per kg. Sementara harga hati ayam masih bertahan Rp2 ribu per kg demikian juga dengan harga kaki ayam tersebut bertahan Rp15 ribu per kg.

"Daging yang laku terjual masih sama seperti hari-hari sebelumnya berkisar 150 kg per hari dan itu masih didominasi oleh pengusaha rumah makan, sedangkan permintaan dari ibu rumah tangga masih lesu belum ada tanda-tanda akan meningkat," ujarnya.

Menurut dia, permintaan yang masih lesu itu karena harga kebutuhan pokok lainnya cukup tinggi sedangkan perekonomian warga di daerah itu turun seiring banyaknya pertambangan milik rakyat di razia oleh aparat keamanan.

"Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak warga yang mengandalkan penghasilan dari menambang bijih timah, namun sekarang razia sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh aparat keamanan sehingga mereka takut untuk melakukan aktivitas tersebut," pungkasnya.


(ABD)