Sutiyoso Tambah Personel BIN Jelang Pilkada Serentak

Desi Angriani    •    Rabu, 08 Jul 2015 15:54 WIB
binpilkada serentak
Sutiyoso Tambah Personel BIN Jelang Pilkada Serentak
Kepala BIN Sutiyoso----Ant/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Sutiyoso segera menambah jumlah personel Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menghadapi Pilkada serentak, Desember mendatang. Penambahan menjadi program prioritas setelah ia dilantik menjadi Kepala BIN.

Menurut Sutiyoso, BIN baru memiliki 1.975 personel. Setelah dihitung-hitung, untuk memantau pilkada serentak satu orang kebagian tiga kabupaten/kota.

"Itu tidak masuk akal satu orang untuk tiga kabupaten, apalagi di luar Jawa," kata Sutiyoso usai dilantik di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).

Dia menjelaskan, jika pilkada berakhir rusuh, citra BIN akan dipertaruhkan. Oleh sebab itu, ia membutuhkan setidaknya 1.000 personel baru untuk menutupi kekurangan jumlah intel yang disebar di 296 daerah.

"Saya mungkin akan mengambil dari berbagai sumber, bisa TNI, bisa masyarakat sipil tetapi bersiap-siap saja yang memiliki diploma satu lah," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain merekrut ribuan personel baru, Sutiyoso mengaku punya strategi baru menangkal paham radikalisme. Ia menginginkan lembaganya itu memiliki alat canggih yang bisa mengantisipasi penyebaran radikalisme tersebut.

"Saya akan datangkan berbagai referensi nanti akan kita lihat yang dimiliki negara-negara besar seperti Rusia, Amerika," kata dia.


(TII)