Sudah Era Streaming, Ring Back Tone Masih Eksis di Indonesia

Agustinus Shindu Alpito    •    Rabu, 08 Jul 2015 15:56 WIB
musik
Sudah Era Streaming, Ring Back Tone Masih Eksis di Indonesia
Penikmat ring back tone di Indonesia masih banyak (Foto:AFP/Yoshikazu Tsuno)

Metrotvnews.com, Jakarta: Teknologi memberi banyak alternatif untuk menikmati musik. Salah satu yang terkini adalah menikmati musik secara streaming.

Dengan membayar iuran bulanan yang bervariasi, mulai Rp10 ribu atau bahkan gratis, pengguna bisa mengakses jutaan lagu dengan berbekal ponsel pintar atau komputer yang terhubung internet.

Meski sudah demikian maju, salah satu metode mendengarkan musik yang terbilang unik, Ring Back Tone (RBT), masih eksis di Indonesia.

Ring Back Tone atau nada tunggu panggilan terbukti masih memberi sumbangsih bagi pemasukan perusahaan rekaman.

"Ring Back Tone masih memberi revenue yang cukup besar setiap tahunnya, sekitar 30 persen," kata Kiki dari Trinity Optima Production kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Masih menurut Kiki, lagu-lagu yang banyak digunakan masyarakat sebagai Ring Back Tone didominasi nuansa Melayu.

"Band-band seperti Setia Band, D'Bagindas. Kalau musisi seperti Afgan, sedikit (dijadikan RBT)," sambung dia.

Fenomena ini sangat unik. Melihat dari apa yang ditawarkan Ring Back Tone tidak menggairahkan. Kualitas suara buruk dan bukan media menikmati musik yang nyaman, mengingat lagu diputar hanya ketika menunggu telepon diangkat.

Di satu sisi, dapat dimaklumi mengingat penyebaran internet di Indonesia masih belum merata dan pemanfaatan aplikasi teknologi masih belum begitu dipahami secara luas.


(ROS)