Hindari Duit Palsu, Warga Diimbau Tukar Uang di Bank

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 08 Jul 2015 16:08 WIB
ramadan 2015
Hindari Duit Palsu, Warga Diimbau Tukar Uang di Bank
Warga memperlihatkan uang pecahan di mobil penukaran uang keliling kawasan Lenggang Jakarta, Monas. (Foto: Antara/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat yang ingin mendapatkan uang recehan diimbau menukarkannya di bank. Hal itu agar terhindar dari uang palsu yang disinyalir marak beredar menjelang Idul Fitri.
 
"Datang saja ke pusat yang resmi. Kami mengimbau jangan tukar di jalan. Karena keaslian dan jumlahnya tidak terjamin. Kalau di sini gratis tanpa dipungut biaya lagi, disediakan tempat duduk dan aman," kata Asisten Direktur Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia, T. Faisal kepada Metrotvnews.com di Taman Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).
 
Di taman ini warga dapat menukarkan uang tanpa harus memiliki rekening bank tertentu. Namun, penukaran dibatasi untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Tidak ada batasan penukaran sebenarnya, hanya saja sekali antrean ini maksimal penukaran Rp3.700.000. Biar tidak disalahgunakan. Kalau kurang bisa datang keesokannya," terang Faisal.
 
Uang itu ditukarkan dengan rincian pecahan Rp 2 ribu sejumlah Rp 200 ribu, pecahan Rp 5 ribu sejumlah Rp 500 ribu, pecahan Rp 10 ribu sejumlah Rp 1 juta dan Pecahan Rp 20 ribu sejumlah Rp 2 juta.
 
Faisal menegaskan, penukaran melalui konter resmi lebih terjamin keasliannya. Masyarakat tak perlu khawatir dengan beredarnya uang palsu. "Tidak usah takut, asli di sini, kan bisa langsung dibedakan," ujarnya.
 
Di Taman Lenggang Jakarta, Monas terdapat 15 mobil bank yang melayani penukaran uang. Mobil-mobil itu berasal dari Bank Mandiri Syariah, Bank Tabungan Negara, Bank Internasional Indonesia, CIMB Niaga, Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta, Bank Central Asia dan Bank Permata.
 
Hadir pula Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Bank Mega, Bank Muamalat, Bank BNI Syariah dan Bank Indonesia.


(FZN)

Vonis untuk Novanto (3)

Vonis untuk Novanto (3)

6 hours Ago

Skenario Setya Novanto untuk menghindarkan diri dari jerat KPK semakin jelas. Setidaknya itulah…

BERITA LAINNYA