Puluhan Polisi Dikerahkan Jaga Mobil Penukaran Uang

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 08 Jul 2015 16:15 WIB
ramadan 2015
Puluhan Polisi Dikerahkan Jaga Mobil Penukaran Uang
Anggota polisi bersenjata lengkap melakukan penjagaan penukaran uang di mobil kas keliling Bank Indonesia. (Foto: Antara/Rudi Mulya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Brigadir Mobil (Brimob) Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, mengerahkan puluhan personel untuk menjaga 15 mobil bank yang melayani penukaran uang di Monas, Jakarta pusat. Selain menjaga mobil, keberadaan mereka untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ingin menukar uang.
 
"Kami dijaga oleh Brimob. Ada sekitar 50 polisi bersenjata lengkap," kata Asisten Direktur Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia T. Faisal kepada Metrotvnews.com di Taman Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).
 
Ia mengungkapkan, tahun ini merupakan kali ketujuh pelaksanaan penukaran uang secara terintegrasi. Belasan bank turut memberikan andil dalam penukaran uang yang dikoordinir oleh Bank Indonesia. "Ini sudah tahun ke tujuh, mudah-mudahan akan terus aman," ujarnya.
 
Selain pengamanan eksternal, bank juga memberi pengamanan sistem. Setiap bank memiliki sistem khusus yang disediakan BI untuk menghindari pelanggan nakal yang menukarkan uang untuk hal yang negatif.
 
"Kami punya sistem yang bisa merekam penukaran uang. Kita sudah ada database, setiap yang mau tukar uang di-save. Jadi mudah-mudahan yang jualan uang di jalan bukan dari sini sumbernya," katanya.
 
Penukaran uang di Monas dimulai sejak 17 Juni lalu dan akan berlangsung hingga 15 Juli. Masyarakat dapat menukarkan uang dengan batas maksimal Rp 3,7 juta. Untuk jam operasional penukaran uang kertas dibuka setiap hari Senin sampai Kamis pukul 09.00 WIB-13.00 WIB. Sedangkan di hari Jumat, penukaran dibuka sampai pukul 11.30 WIB.


(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA