Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Urat

Meilikhah    •    Rabu, 08 Jul 2015 16:34 WIB
ramadan 2015
Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Urat
Menu makanan yang disarankan dikonsumsi penderita asam urat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penderita asam urat tetap boleh berpuasa asal memperhatikan kadar asam uratnya. Normalnya, kadar asam urat pria berkisar antara 3,5-7 mg/dl dan 2,6-6 mg/dl pada perempuan. Jika kadar asam uratnya sangat tinggi, atau gejala yang muncul sangat parah, maka sebaiknya menunda untuk berpuasa sampai membaik.

Hal terpenting jika ingin berpuasa adalah cukup cairan dengan mengonsumsi 1,5-2 liter air. Ketika berbuka hendaknya menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan, udang, remis, kerang, ikan sarden, ekstrak daging (abon dan dendeng) ragi, alkohol serta makanan kaleng.

Untuk setiap porsi makanan yang dikonsumsi penderita aam urat harus mengandung karbohidrat kompleks, bisa didapatkan dari nasi, roti, singkong, dan ubi sangat dianjurkan dikonsumsi untuk meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin serta menghindari karbohidrat sederhana dari gula, permen, ataupun sirup.

Sesuaikan asupan kalori dengan karbohidrat. Bila penderita gemuk, harus segera diturunkan berat badannya dengan tetap menyesuaikan kebutuhan kalori. Jika kalori dalam tubuh kurang, dimungkinkan akan meningkatkan asam urat dalam serum.

Mengonsumsi makanan rendah protein yang didapatkan dari protein nabati sangat dianjurkan dibandingkan mengonsumsi protein hewani yang memiliki protein tinggi seperti hati, otak, paru. limpa, ginjal dan jeroan lainnya.

Menghindari makanan berlemak dari makanan yang digoreng dan bersantan. Sebab dapat menghambat pengeluaran urin. Memperbanyak konsumsi buah juga disarankan terutama yang memiliki kadar air tinggi. Buah sejenis alpukat dan durian tak disarankan untuk dikonsumsi. Sebab, dua jenis buah ini mengandung banyak lemak. (Berbagai sumber)


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA