UNICEF: Kekeringan Parah di Korut Bahayakan Anak-Anak

Willy Haryono    •    Rabu, 08 Jul 2015 16:56 WIB
korea utara
UNICEF: Kekeringan Parah di Korut Bahayakan Anak-Anak
Anak-anak menaruh karangan bunga di hadapan patung Kim Jong-il dan Kim Il-sung di Bukit Mansu, Korut, 17 Desember 2013. (Foto: AFP / KNS / KCNA)

Metrotvnews.com, Seoul: Musim kering di Korea Utara membahayakan nyawa anak-anak, dimana banyak yang terancam jatuh sakit dan mengalami malnutrisi. 

Agensi anak-anak PBB atau UNICEF melaporkan adanya kenaikan kasus diare di antara anak-anak Korut, seiring sulitnya mendapatkan air bersih dan sanitasi layak. 

"Kurangnya intensitas hujan menurunkan akses mendapatkan air bersih dan sanitasi efektif, membahayakan nyawa anak-anak," ucap kepala regional UNICEF Daniel Toole, seperti diwartakan Reuters, Rabu (8/7/2015).

Korut mengakui mengalami musim kering terparah dalam satu abad terakhir. Sejumlah pertanian di negara tetangga Korea Selatan itu menjadi kering kerontang. 

"Anak-anak ini benar-benar rentan, karena mereka lebih mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan air," lapor UNICEF. 

Sejumlah pakar mengatakan meski musim keringnya benar-benar parah, pemerintah Korut dinilai mampu mencegah terjadinya kelaparan parah yang pernah terjadi di negara tersebut pada era 1990-an. 



(WIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA