PPDB Ricuh, Predikat Bandung sebagai Kota HAM Tercoreng

Roni Kurniawan    •    Rabu, 08 Jul 2015 17:40 WIB
pendidikansekolah
PPDB Ricuh, Predikat Bandung sebagai Kota HAM Tercoreng
Sejumlah perwakilan orang tua mengadu soal PPDB ke LBH Bandung. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung menyayangkan kondisi carut marutnya proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2015-2016 di Kota Bandung. Terlebih, Kota Kembang beberapa waktu lalu sudah didapuk sebagai Kota Hak Asasi Manusia oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

"Jangan sampai piagam deklarasi kota HAM hanya sebagai simbol. Sayanglah sudah dideklarasikan sebagai kota HAM, pendidikan masih menjadi problem," ujar Ketua LBH Bandung Arip Yogiawan kepada wartawan di Kantornya, Jalan Rerengwulung Kota Bandung, Rabu (8/7/2015).

Menurut Arip, hak atas pendidikan merupakan hak dasar yang wajib dirasakan oleh masyarakat. Terlebih hak atas pendidikan adalah hal yang fundamental dalam konteks ekonomi, sosial, dan budaya.

"Saya pikir Kota Bandung harus lebih serius agar ke depan bisa menyelesaikan problem-problem seperti ini (PPDB)," lanjutnya.

Arip berharap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bisa segera memperbaiki kondisi saat ini. Terlebih pendidikan merupakan salah satu variabel untuk menjadi Kota HAM.

"Ke depan penerimaan siswa baru juga harus juara. Juara dalam artian dia bisa memfasilitasi masyarakat luas baik yang kurang mampu maupun yang berprestasi untuk mendapat akses terhadap sekolah," terangnya.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA