Johan Pegal Ikut Tes Capim

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 08 Jul 2015 17:46 WIB
capim kpk
Johan Pegal Ikut Tes Capim
Johan Budi saat mengikuti test makalah----MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Pribowo mengaku lelah setelah mengikuti seleksi tahap II alias tes penulisan makalah seleksi calon pimpinan KPK. Apalagi, dia sudah lama jarang menulis tangan.

"Kita diminta bikin makalah tentang strategi pencegahan korupsi seperti apa. Sekalian latihan tulisan tangan, sudah lama enggak nulis pakai tangan," kata Johan usai mengikuti tes makalah calon pimpinan KPK di Gedung Pusdiklat Sekretariat Negara, Jalan Gaharu Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (8/7/2015).

Dalam menulis makalah ini, Johan menuangkan ide-ide yang sudah dia dapatkan di KPK. Hal ini meliputi penindakan, pencegahan, dan membangun sinergi antara aparat penegak hukum.

"Menurut saya perlu ada cara berkomunikasi yang baru. Karena menurut saya hiruk-pikuk kemarin kontribusi komunikasi KPK dengan lembaga lain," jelas dia.

Mantan Deputi Pencegahan KPK ini menuturkan, tiap peserta diperbolehkan menuangkan ide-ide dalam 10 halaman kertas. Dia urung menyebutkan berapa lembar kertas yang dihabiskan.

Johan memastikan dirinya sudah menjalankan ujian ini dengan baik. Maksimal dan jujur. "Kagak (nyontek), tadi masa bisa nyontek," pungkas dia.

Hari ini, sebanyak 194 perserta seleksi calon pimpinan yang lolos seleksi tahap awal mengikuti ujian makalah. Mereka menjalani tes tertulis menjalankan soal pilihan ganda sekaligus mengerjakan makalah dengan topik yang nantinya diberikan Panitia Seleksi.


(TII)