Keraton Yogyakarta Lebaran 18 Juli

Ardi Teresti Hardi    •    Rabu, 08 Jul 2015 18:43 WIB
ramadan 2015
Keraton Yogyakarta Lebaran 18 Juli
Sejumlah umat muslim berada di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (19/6). Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kraton Yogyakarta merayakan Lebaran pertama pada Sabtu Pon atau 18 Juli. "Lebaran Kraton Yogyakarta Sabtu. Ngabekten dan Grebeg dilakukan Sabtu," kata Pengageng Parentah Ageng Keraton Jogja, KRT Yudahadiningrat, Rabu (8/7/2015).

Ia mengatakan pada pagi hari waktu ngabekten (Sungkeman) untuk kepala daerah dan adik-adik Sultan HB X. Pada sore harinya giliran putra dan cucu-cucu Sultan.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Iswanto menambahkan, Pemda DIY kembali akan menerima Hajad Dalem Gunungan (Pareden) dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

"Sesuai surat dari Tepas Dwara Pura Keraton Ngayogyakarta  Hadiningrat yang ditandatangani oleh KRT Jatiningrat, gunungan akan dikirim ke Pemda DIY bertepatan dengan Garebeg Sawal Ehe 1948, pada Sabtu Pon, 18 Juli," kata dia.

Setiap hari raya Idul Fitri, Keraton Yogyakarta Hadiningrat membuat tujuh gunungan. Selain ke Pemda DIY, gunungan juga dikirim ke Kadipaten Puro Pakualaman dan ke Kagungan Dalem Masjid Besar Kauman.

Prosesi penerimaan Gunungan dari Karaton menuju ketiga tempat tersebut akan dikawal abdi dalem dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.


(UWA)