KPK Ingatkan Pemberian Parsel Bentuk Gratifikasi

Amaluddin    •    Rabu, 08 Jul 2015 18:46 WIB
gratifikasi
KPK Ingatkan Pemberian Parsel Bentuk Gratifikasi
Parsel Lebaran, Ant/Irfan Anshori

Metrotvnews.com, Surabaya: Pejabat negara dan pemerintahan musti waspada saat menerima parsel Lebaran. Menurut Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrachman Ruki mengingatkan pemberian parsel merupakan bentuk gratifikasi.

"Sebaiknya (parsel) ditolak. Kalau sudah terlanjur diterima, maka laporkan (ke KPK)," ujar Taufik saat bertandang ke Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (8/7/2015).

Ruki mengatakan KPK selalu meminta pejabat, baik daerah maupun pusat, membentuk tim pencatat gratifikasi. Sehingga, laporan dugaan gratifikasi lebih efektif.

"Kami menyarankan di Kantor Wali Kota Surabaya ini juga ada tim pencatat gratifikasi. Tujuannya, bila ada pejabat yang terlanjur menerima parcel maka laporkan untuk dicatat," katanya.

Menurut Ruki, fungsi pemberian parsel saat hari raya sebaiknya dibalik. Sebaiknya pengusaha dan pejabat pemerintah memberikan parsel kepada warga yang membutuhkan.

"Kalau Wali Kota ada dana sebaiknya memberika parsel kepada tukang pembersih kali, tukang sampah, tukang sapu dan lain-lain. Kalau ada pengusaha memberi parsel ke Wali Kota  atau pejabat sebaiknya disalurkan ke warga miskin saja," katanya.

Pengertian parsel menurut KPK adalah pemberitaan yang ada hubungannya dengan jabatan. Jadi jika pemberian itu secara pribadi, tidak ada masalah.

"Misalnya, Bu Risma mengirimkan makanan ke saudaranya, sebagai seorang saudara," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan sudah empat tahun yang lalu Pemerintah Kota Surabaya menerapkan gerakan antiparsel. Langkah ini kemudian berimbas positif karena para pengusaha sudah semakin mengerti dan tidak memberikan parsel kepada pejabat.

"Kami tidak menerima parsel. Jadi para pengusaha sudah tahu, tidak berani lagi memberi parsel karena percuma pasti kami tolak," tegasnya.


(RRN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA