Ada Peserta yang Menyontek saat Tes Tertulis Capim KPK

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 08 Jul 2015 19:08 WIB
capim kpk
Ada Peserta yang Menyontek saat Tes Tertulis Capim KPK
Suasana tes tertulis capim KPK di Gedung Pusdiklat Sekretariat Negara, Jalan Gaharu Cipete, Jakarta Selatan, Rabu(8/7/2015). Foto: MTVN/Yogi Bayu Aji.

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa peserta ketahuan menyontek dalam ujian tertulis seleksi tahap II calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini bakal mempengaruhi nasib mereka dalam proses seleksi.

"Ada yang nyontek. Tidak kami tegur, tapi jadi bagian dari penilaian," kata Juru Bicara Panitia Seleksi KPK Betti Alisjahbana, di lokasi ujian, di Gedung Pusdiklat Sekretariat Negara, Jalan Gaharu Cipete, Jakarta Selatan, Rabu(8/7/2015).

Namun, Betti enggan mengungkap siapa peserta yang menyontek. Ia ingin merahasiakan hal itu sebagai pertimbangan dari tim pansel untuk menilai capim KPK.

Tes ini berisikan tes pilihan ganda dan makalah. Isi tes pilihan ganda berisikan pertanyaan tentang pasal-pasal terkait pidana korupsi. Hal ini menjadi keluhan peserta.

"Pasalnya cuma sedikit. Sebagai capim Harusnya tahu UU KPK," tekan dia.

Menurut dia, tes tertulis ini ingin melihat bagaimana peserta menguasai masalah-masalah berkaitan dengan korupsi. Peserta juga diminta memaparkan bagaimana hubungan KPK dengan lembaga lain versi mereka dalam tes makalah.

Hasil tes tertulis bakal diketahui 15 Juli mendatang. Sementara, nama peserta baru diserahkan ke Presiden Joko Widodo 31 Agustus mendatang. "Kita lihat saja. Kombinasi hasil tes, kejujuran, dan masukan-masuka dari masyarakat," pungkas Betti.

Hari ini, sebanyak 194 perserta seleksi calon pimpinan yang lolos seleksi tahap awal mengikuti ujian makalah. Mereka menjalani tes tertulis dengan menjawab soal pilihan ganda sekaligus mengerjakan makalah dengan topik yang nantinya diberikan Panitia Seleksi.


(DRI)