Pemerintah Berencana Perpanjang Kepemilikan Lahan Usaha Jadi 80 Tahun

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 08 Jul 2015 19:23 WIB
kawasan ekonomi khusus
Pemerintah Berencana Perpanjang Kepemilikan Lahan Usaha Jadi 80 Tahun
kawasan ekonomi khusus ANT,Basri Marzuki

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana memperpanjang masa kepemilikan lahan untuk hak guna usaha (HGU) menjadi 80 tahun guna mendorong pengembangan industri di Indonesia khususnya untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan secara umum saat ini masa kepemilikan lahan di Indonesia yakni 30 tahun dengan perpanjangan 10 tahun x 2 berarti totalnya menjadi 50 tahun.

"Bagaimana ke depannya kalau ditetapkan 50 tahun sekaligus diperpanjang 15 tahun x 2 berarti 80 tahun," kata Franky di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan menilai selain perpanjangan masa yang terpenting adalah investor yang memberi permodalan mendapatkan jaminan untuk kemudahan perizinan.

"Bagaimana negara akan menjamin kalau mereka tidak akan dirugikan, bicara keuntungannya. Jangan sampai kita bicara masa kepemilikan 80 tahun namun ngurus izinnya bisa 20 tahun, matilah dia," jelas Ferry.


(SAW)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA