Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Palembang Melambung

Antara    •    Rabu, 08 Jul 2015 19:32 WIB
sapi
Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Palembang Melambung
Daging Sapi, (ANTARA FOTO,Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Palembang: Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Sumatera Selatan yang bergerak naik memasuki bulan suci Ramadan 2015 kini mendekati Hari Raya Raya Idul Fitri 1436 Hijriah semakin melembung.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Cinde dan Pasar Sekip Ujung Palembang, Rabu, harga daging bergerak naik hingga mencapai Rp125.000 per kilogram dari kondisi sebelumnya berkisar Rp115.000-Rp120.000 per kg.

Menurut Acan salah seorang pedagang, permintaan daging sapi akhir-akhir ini terus mengalami peningkatan sementara pasokan dari agen cenderung berkurang sehingga mendorong terjadinya kenaikan harga yang cukup tinggi.

Dalam kondisi sekarang ini, hanya mendapat pasokan sekitar 200 kg daging sapi atau satu ekor sapi. “Padahal biasanya bisa mendapat pasokan dua ekor sapi setiap harinya, katanya di Palembang, Rabu (8/7/2015).

Dia menjelaskan hanya bisa melakukan pemotongan 75 ekor sapi karena pasokan hewan ternak dari beberapa daerah Sumsel dan provinsi tetangga seperti Lampung berkurang. Padahal biasanya bisa mencapai 100 ekor lebih.

“Jika kondisi tersebut terus terjadi  harga jual daging sapi akan terus bergerak naik sesuai hukum pasar jika permintaan terus meningkat sementara pasokan stabil apalagi cenderung berkurang seperti yang terjadi sekarang ini,” ujar dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan Permana menjelaskan harga daging sapi di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya yang mencapai Rp125.000 per kg merupakan tertinggi di Pulau Sumatera dan tertinggi nomor dua secara nasional setelah Papua yang mencapai Rp130.000 per kg.



(SAW)