Diperiksa 8 Jam, Novel Kekeuh Dikriminalisasi

Githa Farahdina    •    Rabu, 08 Jul 2015 20:04 WIB
novel baswedan
Diperiksa 8 Jam, Novel <i>Kekeuh</i> Dikriminalisasi
Penyidik KPK Novel Baswedan--Foto: MTVN/Githa Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik KPK Novel Baswedan selesai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Selama delapan jam pemeriksaan Novel menjelaskan banyak hal.

"Di antaranya saya menjelaskan banyak hal. Saya masih menganggap ini masalah kriminalisasi," kata Novel Baswedan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (8/7/2015).

Dia mengaku mendapat 30 sampai 35 pertanyaan selama pemeriksaan.

"Pada dasarnya kepada penyidik saya sampaikan apa yang mesti disampaikan. Selanjutnya saya tidak dalam posisi menanggapi. Dalam proses apapun saya siap," terang Novel.

Novel mengaku tak menutup kemungkinan akan mengajukan praperadilan.

"Praperadilan apa? Mungkin, semuanya mungkin. Tapi saya dalam posisi kooperatif karena saya mengerti proses hukum," tambahnya.

Selama pemeriksaan, kata Novel, penyidik bersikap baik dan profesional.

Novel sempat ditangkap penyidik beberapa waktu lalu. Namun, Novel kembali dilepas hingga akhirnya mengajukan praperadilan.

Kasus Novel Baswedan bergulir pada 2004. Kala itu ia menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu. Ia dituding terlibat dalam penganiayaan dan penembakan.

Kasus itu kembali mencuat saat Novel Baswedan menjadi penyidik utama dalam korupsi Kakorlantas Polri, Irjen Djoko Susilo, tahun 2012. Kasus sempat dihentikan karena konflik Polri dan KPK atau yang dikenal dengan Cicak vs Buaya saat itu.

Novel kembali diperiksa hari ini setelah berbagai polemik yang mengikuti kasus tersebut.


(MBM)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA