Puasa Ternyata Baik Untuk Kesehatan

   •    Rabu, 08 Jul 2015 20:11 WIB
kesehatan
Puasa Ternyata Baik Untuk Kesehatan
Foto: lifehopeandtruth.com

Metrotvnews.com: Puasa, menurut penelitian ilmiah, bila dilakukan dengan benar akan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bagi umat Islam, puasa juga bisa dilakukan di luar bulan Ramadan. Pada hari-hari biasa pun bisa (kecuali pada hari yang diharamkan) melakukan puasa.

Melihat manfaat yang didapatkan dari puasa begitu banyak, maka sangat dianjurkan untuk melakukan puasa satu kali dalam seminggu. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berpuasa dengan benar.

- Mempercepat fungsi otak Anda
Puasa meningkatkan produksi protein tertentu yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak dalam tubuh, yang mana bertanggung jawab untuk mengkonversi sel batang otak menjadi neuron baru yang mengaktifkan beberapa zat-zat yang lain sehingga bisa membantu kesehatan saraf.

Selain itu, faktor neurotropik yang diturunkan dari otak juga melindungi sel-sel otak dari perubahan yang tidak diinginkan terkait dengan penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

- Meningkatkan sensitivitas insulin
Puasa meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan Anda untuk memproses karbohidrat yang lebih baik. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa setelah masa puasa berakhir, sel-sel tubuh lebih mampu menyerap glukosa dari darah. (Sumarni / healthmeup)

- Kekebalan meningkat
Hewan memiliki insting primal untuk berhenti makan ketika mereka sakit untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka, sehingga tubuh mereka dapat fokus saat memerangi infeksi. Puasa memiliki tujuan yang sama seperti itu. Puasa dapat mengurangi kerusakan radikal bebas dengan mengatur respon inflamasi tubuh pada tempat pembentukan sel kanker.

- Membantu menurunkan berat badan
Puasa dapat menjadi cara yang bagus untuk menurunkan berat badan secara alami. Puasa selama beberapa jam sehari memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet.

Puasa menyebabkan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula. Bahkan para atlet menggunakan puasa sebagai sarana untuk mengurangi persentase lemak dalam tubuh mereka.

- Meningkatkan metabolisme Anda
Puasa memungkinkan sistem pencernaan Anda untuk beristirahat. Hal ini mempercepat metabolisme Anda dan membakar kalori lebih efisien. Sehingga dapat mengatur sistem pencernaan dan meningkatkan gerakan usus Anda.

- Mengoreksi pola makan Anda
Gaya hidup modern membuat orang-orang mengadopsi kebiasaan makan yang buruk, seperti pesta makan yang berlebihan hingga menyebabkan obesitas. Puasa membantu Anda makan pada waktu tertentu yang sesuai dengan gaya hidup Anda, dan juga mencegah Anda makan secara berlebihan.

- Mendorong rasa lapar
Puasa membantu mengatur hormon yang menyebabkan rasa lapar yang sebenarnya ada dalam tubuh Anda. Kebanyakan orang tidak dapat memahami sinyal lapar yang tepat, sehingga mereka akhirnya mudah kenyang karena pola makan yang salah. Puasa membantu tubuh Anda mengirimkan sinyal lapar yang tepat, sehingga Anda hanya mengalami kelaparan yang sesungguhnya.

- Memperpanjang usia
Diet seseorang berhubungan erat dengan umur mereka. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih sedikit Anda makan, semakin lama Anda hidup. Ketika Anda berusia tua, metabolisme Anda akan lebih lambat dan lebih efisien. Lebih rendah Anda makan, lebih rendah sistem pencernaan Anda tegang atau kelebihan beban.

- Membuat kulit bersih
Karena tubuh beristirahat dari proses pencernaan, maka tubuh akan fokus pada energi regeneratif sistem yang tersisa di tubuh. Puasa membantu detoksifikasi tubuh dan mengatur fungsi organ lain, seperti hati dan ginjal, sehingga menghasilkan kulit yang sehat. Orang yang puasa secara teratur juga cenderung tidak memiliki jerawat.

- Meningkatkan suasana hati
Ketika sistem pencernaan tanpa makanan dan beristirahat, tubuh memiliki lebih banyak energi, karena sistem pencernaan adalah energi yang paling memakan sistem dalam tubuh. Puasa membantu Anda merasa lebih terhubung dengan kehidupan, memberikan kontribusi untuk pencerahan diri dan meningkatkan hubungan spiritual Anda. Serta suasana hati Anda akan lebih tenang dan nyaman.


(AWP)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA