Tak Satu pun Penganut Agama Setuju Pernikahan Sejenis

Tri Kurniawan    •    Rabu, 08 Jul 2015 20:14 WIB
pernikahan pasangan sejenis
Tak Satu pun Penganut Agama Setuju Pernikahan Sejenis
M Quraish Shihab--Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Cendikiawan Muslim Muhammad Quraish Shihab mengatakan, tak satu pun penganut agama yang setuju dengan pernikahan sejenis. Jika sebuah negara melegalkan hal itu, dia menyarankan Indonesia tidak ikut campur atau mengintervensi.

"Kalau menyangkut tuntunan agama, itu (pernikahan sejenis) tidak ada agama yang membolehkan. Siapa pun penganut agama tidak ada yang setuju," kata Quraish saat peluncuran buku berjudul 'Cahaya, Cinta dan Canda M Quraish Shihab' di Matraman, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2014).

Dia berpendapat, biarlah ketetapan-ketetapan hukum dan perundang-undangan ditentukan masyarakat di mana peraturan akan diterapkan. "Kalau mau berpendapat demikian (pernikahan sejenis sah) silakan," ujarnya.

Namun, dia menegaskan, Indonesia tidak keluar dari budaya dan tuntunan agama bahwa pernikahan sejenis tidak boleh. "Kalau di Indonesia mau diberlakukan, saya orang paling terdepan untuk berkata tidak," tegasnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pernikahan sesama jenis tidak mungkin terjadi di Indonesia. Menurut Menag, masyarakat Indonesia sangat religius.

"Saya pikir itu sesuatu yang sulit terjadi di negara seperti Indonesia. Indonesia masyarakatnya sangat religius. Jadi negara dan masyarakat Indonesia memandang bahwa pernikahan itu tidak hanya peristiwa hukum semata," kata Menag.

Dia mengatakan, pernikahan adalah peristiwa sakral, bahkan bagian dari ibadah. Maka, pernikahan tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai agama. "Karenanya, negara sulit bisa menerima atau bahkan melegalkan pernikahan sesama jenis itu," kata dia.


(MBM)