Risma Mengaku Sudah Mundur dari PNS

Amaluddin    •    Rabu, 08 Jul 2015 21:19 WIB
pilkada serentak
Risma Mengaku Sudah Mundur dari PNS
Calon petahana Tri Rismaharini resmi diusung kembali menjadi calon wali kota Surabaya. Foto: MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali kota Surabaya Tri Rismaharini mangaku sudah mundur dari jabatannya sebagai pegawai negeri sipil. Pengunduran diri sebagai PNS itu dilakukan sejak sebulan yang lalu menjelang penyerahan rekomendasi calon wali kota Surabaya dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

"Saya mundur dari PNS sudah satu bulan lalu," tegas Risma saat pidato politiknya usai menerima penyerahan surat rekomendasi calon wali kota dan kartu tanda anggota PDIP, di Gedung Wanita, Kalibokor, Surabaya, Rabu (8/7/2015).

Setiap kepala daerah yang sekarang berstatus PNS maupun calon kepala daerah berstatus sama atau PNS serta Polri, diwajibkan menanggalkan kepegawaiannya.

Peraturan tersebut tertuang dalam revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah Pasal 7 huruf (t), yakni Mengundurkan diri sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Negeri Sipil sejak mendaftarkan diri sebagai calon.

Tadi sore, Mahkamah Konstitusi juga memutuskan anggota DPR atau DPRD yang hendak mencalonkan diri di pilkada, juga wajib mengundurkan diri sebagai wakil rakyat.

Sebelumnya, PDIP resmi mengusung Risma dan Whisnu Sakti Buana sebagai calon wakil wali kota Surabaya pada Pilkada yang digelar Desember 2015 ini.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA