Jelang Lebaran, Dishub DKI Uji Kelayakan Bus

Damar Iradat    •    Kamis, 09 Jul 2015 16:30 WIB
mudik lebaran 2015
Jelang Lebaran, Dishub DKI Uji Kelayakan Bus
Petugas menempel stiker tanda bus layak jalan. (Foto: Antara/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menguji kelayakan bus yang digunakan untuk mengangkut pemudik. Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta akan menindak PO Bus yang terbukti mengoperasikan bus tidak layak jalan.
 
Di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, petugas memeriksa kelayakan bus, mulai dari kelengkapan surat, kondisi bus, hingga kondisi kesehatan sopir. Hingga pukul 13.00 WIB, ada 29 bus yang diuji, 17 di antaranya laik jalan. Jumlah ini menurun dari hari sebelumnya yang mencatat ada 25 bus yang laik jalan.
 
"Kita terus melakukan uji kelayakan bus yang akan digunakan untuk mudik. Nanti, bus yang lolos uji kelayakan akan ditempeli stiker," kata Penguji Pelaksana Dishub DKI Jakarta, Bambang Gunarto kepada Metrotvnews.com, Kamis (9/7/2015).
 
Menurut Bambang, bus yang tidak lolos kebanyakan karena kaca depan retak. "Kita koordinasi dengan pihak terminal agar bus yang tak layak jalan tidak diberi izin operasi," tegasnya.
 
Dishub juga telah berkordinasi dengan pihak terminal mengimbau kepada seluruh PO bus yang tak laik jalan untuk memperbaiki bus dan dilakukan pemeriksaan ulang. "Kalau yang nakal biasanya sudah ditindak. Apabila ada temuan tidak layak jalan bisa dihentikan operasionalnya," ujarnya.


(FZN)