Tiru Pesawat, Kemenhub Bakal Pasang Black Box di Setiap Bus

Damar Iradat    •    Kamis, 09 Jul 2015 17:17 WIB
perhubungan
Tiru Pesawat, Kemenhub Bakal Pasang <i>Black Box</i> di Setiap Bus
Bus AKAP di Kampung Rambutan, Kamis (9/7/2015), Jakarta Timur. Foto: Galih Pradipta/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk mendeteksi perilaku pengemudi yang berdampak pada keselamatan penumpang bus, Kementerian Perhubungan punya terobosan baru. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub Elly Sinaga mengatakan, pihaknya akan memasang black box (kotak hitam) di setiap bus yang punya rute jauh. 

Elly menuturkan pemasangan black box di 200 bus tuntas akhir tahun ini. Black box selama ini dikenal dalam dunia penerbangan. Kotak yang umumnya berwarna oranye ini berfungsi untuk merekam data penerbangan. Jika pesawat mengalami kecelakaan, investigator akan memeriksa black box untuk mengetahui penyebabnya.  
 
"Kami sedang mengembangkan untuk kendaraan darat. Tujuannya, agar bisa mendeteksi tingkah laku pengemudi," kata Elly di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (9/7/2015).

"Jadi, nanti akan dimasukan di dashboard. Kalau dia akselerasi terlalu cepat, atau ngeremnya mendadak, itu akan terdeteksi," sambungnya.

Pemasangan black box ini, menurut Elly terkait keselamatan penumpang. Karena lewat black box inilah sikap pengemudi di jalan bisa terdeteksi. Seperti saat melewati tikungan apakah pengemudi ngebut atau tidak. "Selain itu, kalau terjadi kecelakaan bisa dicek ke server di litbang," katanya.

Proyek ini sendiri baru dicoba di bus Damri dan angkutan barang. Pada tahap pertama, sudah ada 50 bus yang dipasang di bus Damri dan angkutan barang.

"Rencananya, tahun ini ada 200 bus lagi yang dipasang. Karena awalnya, kita cek, cocok atau tidak di Indonesia ini," jelas Elly.

Elly juga percaya jika pemasangan black box tidak akan memakan banyak anggaran. "Black box ini harganya mau cari yang murah. Harganya berkisar Rp10 juta, itu juga yang paling mahal. Masih cari yang lebih murah lagi," tuturnya.

"Pengennya sih buatan asli Indonesia, sebelumnya kita juga sudah kerja sama Litbang Perhubungan Jepang soal ini," kata Elly.


(KRI)

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

41 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto menjalani sidang perdana. Dalam sidang tersebut, ti…

BERITA LAINNYA