Tujuh Kali, Kemenperin Raih WTP

Husen Miftahudin    •    Kamis, 09 Jul 2015 17:37 WIB
kementerian perindustrian
Tujuh Kali, Kemenperin Raih WTP
Menperin Saleh Husin (kanan) menerima piagam opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Ketujuh dari BPK (ANTARA FOTO/Arif)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan 2014 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ini merupakan keberhasilan Kemenperin mendapatkan opini WTP yang ketujuh kalinya sejak 2008 lalu.

"Keberhasilan itu sebagai wujud komitmen yang kuat dari jajaran pimpinan Kemenperin dengan didukung SDM berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan pengawas internal," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, usai menerima opini WTP yang diserahkan Anggota BPK Agus Joko Pramono, seperti dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Ia melanjutkan, guna mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) maka pihaknya mengelola keuangan negara secara profesional, terbuka, dan bertanggung jawab. "Karena itu, Kemenperin bertekad meningkatkan akuntabilitas keuangan, pelayanan publik, dan inisiatif anti korupsi melalui berbagai langkah yang dilakukan secara berkesinambungan," paparnya.

Langkah yang dilakukan Kemenperin untuk mempertahankan predikat WTP sebagai bagian dari Key Performance Indicators (KPI) Menperin adalah dengan menerbitkan Instruksi Menperin tentang Rencana Aksi mempertahankan opini WTP. Rencana aksi tersebut adalah membentuk tim untuk menginventarisasi dan memproses hibah atas barang milik negara (BMN) yang diserahkan kepada masyarakat sesuai ketentuan.

"Rencana aksi mempertahankan opini WTP sebagai bentuk komitmen mulai dari pimpinan tertinggi sampai dengan seluruh staf di lingkungan Kemenperin. Ini prestasi yang membanggakan tetapi sekaligus tantangan untuk mempertahankannya," tegas Saleh.

Saleh optimistis pihaknya dapat mempertahankan opini WTP untuk tahun-tahun selanjutnya. "Pemberian opini WTP ini juga diharapkan dapat memotivasi jajaran Kemenperin untuk mempertahankan sistem pengelolaan dan penatausahaan keuangan negara yang transparan," pungkas Saleh.


(ABD)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

45 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA