Masih Ada Hakim yang Tertangkap KPK, Ketua MA Geram

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 09 Jul 2015 18:25 WIB
kpk tangkap hakim ptun
Masih Ada Hakim yang Tertangkap KPK, Ketua MA Geram
Ketua MA Hatta Ali. Foto: M Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mempersilakan KPK memproses anak buahnya yang tertangkap tangan dengan dugaan suap. Hatta menyerahkan pada proses hukum. 

"Karena sudah melalui saluran hukum silakan dilihat. Kita lihat perkembangannya," kata Hatta, saat menghadiri buka puasa bersama di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015).

Hatta marah besar terhadap anak buahnya yang masih saja melakukan tindakan tidak terpuji. Dia mempertimbangkan untuk memecat tiga hakim PTUN Medan.

"Kami mengecam masih ada hakim yang melanggar sumpah jabatan. Kami menyayangkan itu," jelas dia.

Hakim Tripeni Irianto Putro, Amir Fauzi dan Dermawan Ginting adalah tiga hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Medan yang dicokok KPK di Medan, Sumatera Utara. Ketiganya diangkut dalam operasi tangkap tangan di kantor PTUN Medan.

Menurut Kepala Humas PTUN Medan Sugianto, mereka yang ditangkap itu adalah majelis hakim yang sedang menangani perkara permohonan Ahmad Fuad, Kepala Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Ahmad Fuad sedang menggugat Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

"Perkaranya sudah diputus dan sebagian permohonan dari pemohon (Ahmad Fuad) sudah dikabulkan majelis hakim tadi," ujar Sugianto di Medan.

Belum diketahui dalam perkara yang digugat Ahmad. Perkara tersebut sudah diputus PTUN. Diduga, duit yang diberikan Ahmad Fuad kepada ketiga hakim itu merupakan bagian dari pelicin atas putusan yang diambil.

Dalam kasus ini, KPK juga mengamankan seorang pengacar dari lawa firm ternama di Jakarta serta Panitera Sekretaris PTUN Medan Syamsir Yusfan. Petugas KPK juga menyegel sebuah mobil jenis Toyota Fortuner BK 268 WZ yang terparkir di halaman PTUN Medan.

Petugas kemudian menyisir ruangan dalam kantor PTUN dan menyegel beberapa ruangan lainnya. KPK juga mengamankan ribuan lembar uang dalam pecahan dolar. Sementara, lima orang yang ditangkap sedang diperiksa di kantor polisi setempat dan segera diterbangkan ke Jakarta.


(KRI)

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

36 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto menjalani sidang perdana. Dalam sidang tersebut, ti…

BERITA LAINNYA