Butuh Proses Ubah Ekonomi Secara Fundamental

Desi Angriani    •    Kamis, 09 Jul 2015 18:47 WIB
pertumbuhan ekonomi
Butuh Proses Ubah Ekonomi Secara Fundamental
Presiden Jokowi -- FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengaku tak bisa lagi menunda reformasi ekonomi. Namun, perubahan ekonomi secara fundamental ini tak bisa instan alias butuh waktu dan usaha.

"Perombakan ekonomi yang harus dijalankan pemerintah saat ini. Tidak bisa simsalabim, kemudian masalah teratasi," kata Jokowi dalam forum silaturahi bersama pengusaha di Gedung Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015).

Menurutnya, budaya konsumtif dengan mengandalkan komoditas mentah sudah tak relevan. Sebab harga komoditas terus mengalami penurunan. Namun growth engine yang baru dapat membuka peluang bangkitnya perekonomian nasional.

"Kita harus masuk ke hiliraisasi, ke industrialisasi. Komoditas mentah sudah tidak bisa lagi menghasilkan kemakmuran sebagaimana sebelumnya," ungkap dia.

Jokowi pun memberi contoh beberapa negara yang gagal dalam mendongkrak perekonomian mereka. Ia menilai, negara tersebut mengabaikan perubahan ekonomi dunia dan terpaku dengan cara kuno.

"Mereka sudah tidak lagi kompetitif. selama bertahun-tahun negara ini menolak untuk menelan obat yang pahit. Mereka gagal mendongkrak, gagal mengupgrade mesin ekonomi mereka," pungkas dia.


(AHL)

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

32 minutes Ago

KPK juga telah melakukan penggeledahan, penyitaan dan penelusuran aliran dana yang diduga berka…

BERITA LAINNYA