Curhatan Panglima TNI di Depan Anak Yatim

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 09 Jul 2015 19:20 WIB
ramadan 2015
Curhatan Panglima TNI di Depan Anak Yatim
Panglima TNI Jenderal Moeldoko. (Foto:MI/arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberikan motivasi kepada 3 ribu anak yatim piatu dan dhuafa saat acara buka puasa bersama di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Jenderal bintang empat ini menceritakan sulitnya menjalankan hidup sewaktu kecil.
 
"Saya Alhamdulillah menjadi Panglima TNI, saya orang yang tidak punya, hidup susah, kampung jauh, jauh sekali. Tidak ada aspal. Kalau sekarang dicari di Google juga tidak akan ketemu," kata Moeldoko dalam sambutannya di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/7/2015).
 
Bahkan, kata dia, kampung asalnya sangat jauh dari pusat Kota Surabaya. Ia harus menempuh jarak 122 kilometer dari Surabaya untuk mencapai tempat tinggalnya di Kediri, Jawa Timur. "Itu masih harus naik ojek lagi baru ketemu kampung saya itu," ujar dia.
 
Tak hanya itu, ia menceritakan susahnya menuntut ilmu sewaktu masih kecil. Ia mengaku saat SD sering mengungsi karena sekolahnya banjir. "Waktu SMP engga punya sepeda, saya harus naik kereta api, lari-lari dari jam 4 pagi," kata dia.
 
Bahkan, karena tidak punya duit, ia harus mencari tumpangan untuk kembali ke rumah. "Pulangnya saya cari boncengan atau nunggu truk lewat yang searah ke kampung saya. Setelah turun truk saya suka curi-curi kopra buat isi perut. Itu kondisi saya," ujarnya.
 
Ia akhirnya berhasil mencapai cita-cita sebagai Panglima TNI karena tekad dan kerja keras selama sekolah. Ia berpesan kepada anak yatim tidak berkecil hati dan terus bekerja keras untuk mengejar cita-citanya. Ia percaya, dengan tekad yang kuat siapapun akan berhasil.
 
"Kalian jangan berkecil hati. Kalian bisa menjadi apapun yang penting anda memiliki mimpi yang indah. Yakinlah dengan mimpi itu kalian bisa mencapai semuanya. Tentunya mimpi itu harus diusahakan dengan baik. Sekali lagi, hanya dengan pendidikan bisa mengubah segalanya. Waktu SMA saya juga susah. Tapi tekad saya tinggi," tandas dia.


(FZN)

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

43 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto menjalani sidang perdana. Dalam sidang tersebut, ti…

BERITA LAINNYA