Darmin: Kebijakan Tax Amnesty Harus Maksimal

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 09 Jul 2015 19:47 WIB
tax amnesty
Darmin: Kebijakan <i>Tax Amnesty</i> Harus Maksimal
Komut Bank Mandiri Darmin Nasution. Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Darmin Nasution mengatakan, kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) bagi orang Indonesia yang mau menarik dananya dari luar negeri, haruslah memperhitungkan hasil yang didapatkan, jangan mendapatkan hasil yang kosong.

"Amnesti itu bukan senjata meriam lagi, kalau dipakai perlu pegangan yang cukup bahwa hasilnya besar. Jangan sampai kita pakai rudal tapi hasilnya begitu saja," kata Darmin, ketika ditemui dalam acara dialog ISEI yang bertajuk "Presiden Menjawab Tantangan Ekonomi", di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Jika diterapkan dalam waktu dekat, menurut Darmin, maka pemerintah harus siapkan aturan secara detail, agar tidak memperoleh masalah yang baru."Sebenarnya tax amnesty itu bisa bagus atau tidak. Tapi tergantung syarat seperti legalnya apa, siapa saja diberikan ampunan," tutur dia.

Ditempat yang sama, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga harus memiliki data yang valid terkait wajib pajak yang diberi pengampunan."Jadi Dirjen Pajak harus miliki data yang baik, kalau perusahaan atau orang Indonesia harus valid. Kalau tidak valid mereka akan senyum saja," pungkas dia.


(SAW)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA