BNPT & Densus Sudah Awasi Dua Pilot Indonesia

Tri Kurniawan    •    Kamis, 09 Jul 2015 20:33 WIB
wni gabung isis
BNPT & Densus Sudah Awasi Dua Pilot Indonesia
Tommy Hendratno. Foto: Facebook

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia memastikan badan antiteroris telah mengawasi kegiatan Ridwan Agustin dan Tommy Hendratno alias Tommy Abu Alfatih, pilot Indonesia yang diduga mendukung Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Dokumen Kepolisian Federal Australia menyebutkan, "Identifikasi Daftar Pilot Indonesia yang Berpandangan Ekstrim" patut dicurgai sebagai ancaman serius.

Dokumen itu disusun Kepolisian Federal Australia (AFP) pada  Maret 2015 dan menyatakan kedua pilot Indonesia itu diduga mendukung ISIS.

Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan kedua pria itu memang tengah diawasi gerak geriknya oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Satgas Densus 88, pasukan elit antiteroris yang dibentuk pascatragedi bom Bali pada 2002.

Menurut Menkopolhukam tim mereka telah mengawasi kedua pilot tersebut selama enam bulan terakhir.

Tedjo tidak mengatakan apakah Kepolisian Australia berbagi informasi intelijen mereka mengenai kedua pilot tersebut dengan Indonesia.

Laporan AFP yang disusun Maret 2015 itu bocor kemudian dimuat di website Amerika Serikat, The Intercept. Website itu menyatakan laporan AFP ini telah dibagi di kalangan penegak hukum di Turki, Yordania, Inggris, dan AS.
 
"Pada 16 Maret 2015, AFP menerima informasi bahwa dua orang pilot Indonesia, yang kemungkinan bekerja di AirAsia and PremiAir, telah memposting di laman Facebook mereka pernyataan dukungan bagi ISIS," demikian laporan AFP seperti dikutip The Intercept. (ABC News)


(TRK)