Wakil Dubes Tiongkok Sebut Negaranya Menjamin Keamanan Warga Muslim

Fajar Nugraha    •    Kamis, 09 Jul 2015 22:32 WIB
tiongkok
Wakil Dubes Tiongkok Sebut Negaranya Menjamin Keamanan Warga Muslim
Wakil Dubes Tiongkok untuk Indonesia Sun Weide (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia membahas tentang kondisi warga Muslim di negaranya. Menurutnya Tiongkok menjamin warga Muslim untuk melakukan ibadah.

Wadubes Tiongkok untuk Indonesia Sun Weide mengatakan, Tiongkok adalah negara multisuku, multibahasa dan multiagama. Sebagai sebuah negara, Tiongkok memiliki 56 suku bangsa.

Sementara jumlah total warga penganut agama Budha, Taoisme, Islam, Katolik dan Kristen mencapai lebih dari 100 juta.

"Pemerintah Tiongkok menjalankan kebijakan bangsa yang berdasarkan prinsip kesetaraan, persatuan dan saling membantu," ujar Wadubes Tiongkok Sun Weide, kepada awak media di Gedung Kedubes Tiongkok di  Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Sun menambahkan, Undang-undang dasar dan ketentuan hukum Tiongkok menghargai dan melindungi kebebasan suku bangsa minoritas untuk beragama dan beradat istiadat. Tiongkok pun memiliki penganut Islam yang mencapai lebih dari 20 juta.

"Sama seperti Muslim di Indonesia, Muslim di Tiongkok menjalankan ibadah Ramadan dalam suasana tenang dan damai," tegas Wadubes Sun.

Sebelumnya dilaporkan bahwa pemerintah provinsi Xinjiang melarang Muslim untuk berpuasa di bulan Ramadan. Mereka yang merupakan etnis Uighur bahkan disebut ada yang dipaksa untuk menjual minuman keras di bulan suci ini.
 


(FJR)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

36 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA