Semester II-2015, AAUI Berharap Premi Tumbuh 13%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 10 Jul 2015 06:02 WIB
asuransi
Semester II-2015, AAUI Berharap Premi Tumbuh 13%
Ketua Umum AAUI Fauzie Darwis (Foto: dokumentasi MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Fauzie Darwis mengatakan, pertumbuhan premi asuransi umum pada kuartal I-2015 hanya tercatat sebanyak 9,85 persen. Bahkan, pertumbuhan tersebut turun hingga 20 persen dibandingkan pertumbuhan pada akhir 2014 lalu.

"Kendala yang memengaruhi industri (asuransi) dalam perolehan premi pada semester I-2015 ini adalah kondisi perekonomian Indonesia yang  melambat akibat sektor riil yang meredup dan daya serap belanja negara yang masih minim," Kata Fauzie, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Meskipun demikian, dirinya tetap berharap jika pertumbuhan premi industri asuransi umum di semester II-2015 bisa berada di kisaran 12 persen sampai dengan 13 persen, didorong oleh belanja modal pemerintah yang juga diharapkan meningkat pada periode tersebut.

"Kami harapkan industri asuransi umum dapat menjaga pertumbuhan pada kisaran 12 persen sampai dengan 13 persen. Untuk itu, kami harapkan realisasi belanja negara dan program sejuta rumah pada semester II-2015 dapat lebih optimal," terangnya.

Selain itu, Fauzie juga berharap jika masalah Coordination of Benefit (CoB) antara perusahaan asuransi umum, perusahaan asuransi jiwa, maupun dengan Badan Penyelenggera Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat diselesaikan.

"Namun, hal yang paling utama perusahaan asuransi itu harus semakin kreatif dan inovasi dalam membuat produk," pungkas dia


(ABD)