Jokowi: Rasio Utang RI Terhadap PDB Masih Aman

Wanda Indana    •    Jumat, 10 Jul 2015 06:15 WIB
Jokowi: Rasio Utang RI Terhadap PDB Masih Aman
Presiden Joko Widodo.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan rasio utang Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (Debt to GDP Ratio) terus mengalami penurunan. Kata dia, besaran utang Indonesia masih dalam batasan wajar.

"Kalau debt to GDP ratio tahun ini 25 (persen terhadap GDP), masih kecil sekali. Saya lihat kemarin di data antara negara-negara lain, debt to GPD ratio bagus. Masih di bawah, masih kecil. Artinya lebih sehat," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015) malam. 

Kendati demikian, Jokowi menyatakan pemerintah tetap menjaga pengelolaan utang. Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan, alokasi utang ke depanya akan digunakan untuk menyubsidi barang bukan orang.

"Jangan sampai kita pinjam, kita pakai untuk subsidi BBM, kita pinjam untuk konsumtif, itu gak bisa. Makanya sama seperti perusahan, masak pinjam bank lalu pakai untuk beli makan atau beli mobil, gak betul, yang benar saja. Maka harus masuk ke sektor produktif, industri dan lain-lain," tegasnya. 

"Kemudian pembangunan infrastruktur, kita mau fokus ke sana. Dalam satu tahun pertama dan kedua akan konsen ke infrastruktur. Tidak akan belok ke yang lain," pungkasnya.
(MEL)