IMF Tebas Proyeksi Pertumbuhan Global 2015 Jadi 3,3%

Antara    •    Jumat, 10 Jul 2015 09:35 WIB
imf
IMF Tebas Proyeksi Pertumbuhan Global 2015 Jadi 3,3%
Ilustrasi IMF -- FOTO: Reuters

Metrotvnews.com, Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2015, karena kemungkinan kemunduran sementara dari Amerika Serikat (AS) pada bulan-bulan pertama tahun ini.

IMF juga menyoroti risiko tekanan keuangan di Eropa dari krisis utang Yunani dan pelambatan Tiongkok, tetapi mempertahankan perkiraan untuk zona euro dan raksasa Asia tidak berubah.

Mengutip AFP, Jumat (10/7/2015), lembaga yang berbasis di Washington itu memproyeksikan ekonomi dunia akan tumbuh 3,3 persen tahun ini, berkurang dari kecepatan 3,5 persen yang diperkirakan pada April dan sedikit lebih lambat dari 2014. Perkiraan 2016 akan meningkat menjadi 3,8 persen.

"Pertumbuhan moderat berlanjut, dengan pemulihan membaik di negara-negara maju dan pelambatan dalam pertumbuhan yang mendasari di negara-negara emerging-market dan negara-negara berkembang berpenghasilan rendah," kata kepala ekonom IMF, Olivier Blanchard, saat konferensi pers.

Menurut IMF, penurunan proyeksi pertumbuhan global sebagian besar mencerminkan kontraksi ekonomi AS pada kuartal pertama di tengah cuaca musim dingin parah, yang melebar ke negara tetangga seperti Kanada dan Meksiko.

"Pelemahan tak terduga di Amerika Utara, yang menyumbang sebagian besar dari revisi perkiraan pertumbuhan di negara maju, kemungkinan membuktikan kemunduran sementara," katanya.

Karena kemunduran, IMF menurunkan proyeksi untuk Amerika Serikat, ekonomi terbesar di dunia, sebesar 0,6 poin menjadi 2,5 persen. Perkiraan pertumbuhan Kanada dipangkas 0,7 poin menjadi 1,5 persen, dan Meksiko 0,6 poin menjadi 2,4 persen.


(AHL)