Bongkar Bangunan Saat Mudik, Ahok: Jangan Bilang Langgar HAM

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 10 Jul 2015 09:50 WIB
basuki tjahaja purnama
Bongkar Bangunan Saat Mudik, Ahok: Jangan Bilang Langgar HAM
Suasana pemukiman yang menempati bantaran kali Ciliwung. (Foto:MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama berambisi memongkar semua bangunan liar yang ada di bantaran kali saat diringgal mudik lebaran oleh penghuninya.
 
Menurut Ahok, Jakarta tidak akan bebas dari banjir selama bantaran sungai masih dipenuhi bangunan liar. “Syaratnya semua bangunan liar dan kumuh itu harus diberantas, jangan bilang saya melanggar HAM kalau bongkar saat mudik Lebaran. Ini demia kebaikan semua, bagaimana dengan hak warga yang rumahnya terendam banjir? HAM mereka dilanggar gak oleh pemilik bangunan liar?” kata Ahok, Jumat (10/7/2015).
 
Ahok berharap semua warga yang tinggal di bantaran sungai dan waduk mau direlokasi ke rumah susun. Karena dirinya tidak akan memberikan toleransi kepada warga yang berusaha bertahan. “Kasihan warga yang kebanjiran. Membiarkan jutaan orang terendam banjir itu melanggar HAM,” ujarnya.
 
Menurut Ahok, untuk menyelamatkan jutaan orang, dirinya harus menyingkirkan ribuan orang. Karena ribuan orang itu akan diselamatkan ketempat yang lebih baik.
 
“Membiarkan jutaan orang terendam banjir itu melanggar HAM, yang seribu dibantaran kali harus disingkirkan ke tempat yang lebih layak, agar semua bisa selamat,” ujarnya.
 
Dia mengakui ,pompa yang ada saat ini belum cukup untuk mengatasi banjir di Ibu kota. Namun, sebanyak apapun pompa yang dimiliki tidak akan mengatasi masalah banjir jika bantaran sungai dan waduk masih dipenuhi bangunan liar.
 
“Mau bebas banjir? Semua sungai harus dinormalisasi. Tidak ada istilah melanggar HAM. Karena mereka yang tinggal dibantaran kali sudah melanggar HAM orang lain lain,” katanya.


(FZN)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA