Krisis Yunani Hanya Berefek Marjinal ke Ekonomi Global

Antara    •    Jumat, 10 Jul 2015 09:57 WIB
imfekonomi yunani
Krisis Yunani Hanya Berefek Marjinal ke Ekonomi Global
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Washington: IMF dalam World Economic Outlook (WEO) terbarunya memaparkan bahwa krisis utang Yunani, yang bisa memaksanya meninggalkan euro, untuk saat ini hanya mengalami efek marjinal pada ekspansi ekonomi global.

Seperti dikutip dari AFP, Jumat (10/7/2015), lembaga ini tidak mengubah perkiraan untuk zona euro pada 1,5 persen, dan untuk dua ekonomi terbesar seperti Jerman di 1,6 persen) dan Prancis di 1,2 persen.

"Perkembangan di Yunani, sejauh ini, tidak mengakibatkan penularan signifikan apapun. Tindakan kebijakan tepat waktu akan membantu mengelola risiko tersebut jika mereka menjadi terwujud," kata kepala ekonom IMF, Olivier Blanchard.

Tapi kenaikan suku bunga pada obligasi pemerintah di beberapa negara zona euro baru-baru ini dapat mengindikasikan masalah yang lebih besar ke depan. "Beberapa risiko membangkitkan kembali sebuah tekanan keuangan tetap," katanya.

Sebelumnya, lembaga yang berbasis di Washington itu memproyeksikan ekonomi dunia akan tumbuh 3,3 persen tahun ini, berkurang dari kecepatan 3,5 persen yang diperkirakan pada April dan sedikit lebih lambat dari 2014. Perkiraan 2016 akan meningkat menjadi 3,8 persen.


(AHL)