40 Tahun Menjabat, Mantan Menlu Arab Saudi Wafat di Usia 75 Tahun

Fajar Nugraha    •    Jumat, 10 Jul 2015 10:52 WIB
arab saudi
40 Tahun Menjabat, Mantan Menlu Arab Saudi Wafat di Usia 75 Tahun
Pangeran Saud al Faisal (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Riyadh: Mantan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Saud al-Faisal wafat pada usia 75 tahun. Pangeran Saud menjabat sebagai Menlu Arab Saudi selama 40 tahun.

Sebagai menlu yang paling lama menjabat di dunia, Pangeran Saud dianggap memegang posisi berpengaruh dalam kebijakan luar negeri Arab Saudi. Bahkan setelah dirinya digantikan pada 29 April 2015 lalu.

Raja Salman, sebelumnya memutuskan untuk menggantikan Pangeran Saud dengan Adel al-Jubeir. Selama ini, Adel al-Jubeir merupakan Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS).

Presiden Barack Obama pun mengucapkan belasungkawanya atas wafatnya Pangeran Saud.

"Sebagai menlu yang paling lama menjabat di dunia, Pangeran Saud menjadi saksi beberapa periode menantang di Timur Tengah. Di setiap dia mampu meraih perdamaian, termasuk perundingan damai mengakhiri perang saudara Lebanon atau membantu meluncurkan Inisiatif Perdamaian Arab," ujar Obama, dalam pernyataannya, seperti dikutip NBC, Jumat (10/7/2015).

Bahkan sebelum "Arab Spring" pada 2011 ketika Arab Saudi menghadapi situasi sulit di Timur Tengah, Pangeran Saud menjadi pemain signifikan di wilayah kawasan. Ini merupakan perubahan besar sejak dirinya pertama kali ditunjuk sebagai Oktober 1975.
 


(FJR)