Dinsos Kabupaten Mojokerto akan Bentuk Tim Tanggulangi PMKS

Nurul Hidayat    •    Jumat, 10 Jul 2015 10:57 WIB
penertiban
Dinsos Kabupaten Mojokerto akan Bentuk Tim Tanggulangi PMKS
Razia PMKS di Jakarta, MI/ Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Mojokerto: Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) menanggulangi persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Tim beranggotakan petugas Dinsos, relawan, Satpol PP, serta kepolisian. Tugas tim berada di bawah komando Dinsos Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Haryono,  mengatakan, 78.714 orang menjadi PMKS. Namun, tindakan terhadap mereka masih sebatas razia dan pendataan. Setelah itu, petugas memulangkan mereka.

"Seakan-akan tidak ada solusi. Tim ini akan bekerja lebih dari itu yakni akan akan pembinaan dan pemantauan terhadap PMKS yang kena razia," ujarnya, Jumat (10/7/2015).

Haryono mencontohkan tindakan pemerintah terhadap 127 wanita tuna susila (WTS) yang bekerja di warung remang-remang di Kecamatan Jetis, Trowulan, dan Mojosari. Setelah merazia, petugas memberikan pelatihan pada mereka.

"Kita upayakan mereka mendapatkan pelatihan di Unit Pelayanan teknis (UPT) Tuna Susila. Setelah mereka selesai akan kita lakukan pengawalan dan pengawasan terhadap mereka agar tidak kembali kprofesi lama mereka," katanya.

Haryono pun mengatakan revolusi mental perlu diterapkan pada PMKS yang terjaring razia. Caranya yaitu mengubah pola pikir mereka agar tak kembali ke profesi lama.

"Intinya harus ada perubahan agar masalah PMKS di Kabupaten Mojokerto dapat ditanggulangi," pungkasnya.

 


(RRN)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

33 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA