Versi Beta OS 9 dan El Capitan Sudah Dapat Diunduh

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 10 Jul 2015 11:32 WIB
apple
Versi Beta OS 9 dan El Capitan Sudah Dapat Diunduh
Craig Federighi saat menjelaskan iOS 9 di MWC. Justin Sullivan/Getty Images/AFP

Metrotvnews.com: Versi beta dari 2 OS terbaru buatan Apple telah tersedia untuk konsumsi masyarakat umum kemarin, Kamis, 9 Juli. Dan siapa pun yang telah mendaftar untuk menjadi beta tester, dan telah disetujui Apple, sudah dapat mengunduh versi beta dari iOS 9 sekarang.

Apple pertama kali menunjukkan iOS 9 pada acara Worldwide Developers Conference yang diadakan pada bulan Juni lalu. Versi sempurna iOS 9 ini mungkin baru akan muncul pada musim gugur (sekitar September - Desember) tahun ini, bersamaan dengan peluncuran iPhone seri S terbaru. 

Seperti yang dilansir dari CNET, ini adalah pertama kalinya Apple membiarkan masyarakat luas mencoba versi beta dari sistem operasi terbaru mereka. Sebelumnya, Apple hanya mengizinkan para pengembang untuk mencoba versi beta. Meskipun begitu, jika Anda tidak ingin berurusan dengan bug, sebaiknya Anda menunggu hingga Apple meluncurkan versi akhir dari iOS 9.

Selain iOS 9, Apple juga membiarkan masyarakat luas untuk mencoba El Capitan. Salah satu fitur yang Apple banggakan dari Mac OS terbaru ini adalah fungsi pencarian Spotlight, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan jawaban dari berbagai pertanyaan, mulai dari cuaca, hasil pertandingan olahraga, hingga harga saham.

Selain itu, Apple juga menambahkan fungsi baru yang disebut "Split View". Fitur ini memungkinkan Mac untuk menjalankan 2 program pada saat yang sama. Dan yang paling penting adalah karena Apple menjanjikan performa yang lebih baik dengan El Capitan.

Jika Anda adalah fans Apple, Anda mungkin tergoda untuk mencoba versi beta dari kedua OS ini, tetapi sebaiknya Anda berhati-hati. Karena kedua OS tersebut masih dalam versi beta, yang berarti masih ada bug dalam software tersebut.

Menggunakan versi beta dari iOS 9 mungkin akan menyebabkan masalah pada ponsel Anda, seperti hilangnya data penting. Biasanya, versi beta hanya akan dapat diakses para pengembang untuk memudahkan mereka membuat aplikasi yang sesuai dan juga untuk mencari bug yang masih tersisa.


(ABE)