KPU Berharap Pemerintah Penuhi Anggaran Keamanan Pilkada

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 10 Jul 2015 11:42 WIB
pilkada serentak
KPU Berharap Pemerintah Penuhi Anggaran Keamanan Pilkada
Polisi mengamankan proses pemungutan suara. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews, Jakarta: Pemerintah diharapkan segera memenuhi anggaran keamanan Pilkada. Pasalnya, tahapan pendaftaran calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015 segera bergulir.
 
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, pihaknya bersama DPR telah meminta pemerintah memfasilitasi daerah untuk menyediakan anggaran keamanan dalam pelaksanaan Pilkada.
 
"Kami sudah rapat konsultasi dengan DPR supaya pemerintah memfasilitasi dana anggaran keamanan. Kita berharap pemerintah dapat memenuhinya," kata Ferry kepada Metrotvnews.com di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2015).
 
Ferry memastikan, masalah anggaran keamanan tidak akan memundurkan jadwal pelaksanaan Pilkada yang telah ditetapkan 9 Desember 2015. Ia yakin, dengan anggaran yang minim, kepolisian dapat menjalankan tugasnya mengamankan Pilkada dengan maksimal.
 
"Saya fikir (Pilkada) tetap berjalan, saya yakin polisi sudah punya protap (prosedur tetap) tersendiri sambil kita mengupayakan pemenuhan anggaran tersebut," ujar dia.
 
Ia tak menampik minimnya anggaran keamanan akan menimbulkan potensi konflik lebih besar. Namun, ia yakin kepolisian telah mempersiapkan diri dengan melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang dianggap rawan konflik.
 
"Itu (konflik) pasti ada, nanti kita koordinasikan. Saya yakin polisi punya pemetaan dan data-data terkait potensi konflik yang ada," katanya.


(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA