Efek Gunung Raung

AirAsia Janji Kembalikan Uang Tiket Penumpang

Tri Kurniawan    •    Jumat, 10 Jul 2015 14:30 WIB
gunung raung
AirAsia Janji Kembalikan Uang Tiket Penumpang
Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Denpasar: Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia Extra siap mengembalikan uang tiket calon penumpang (refund). Seluruh penerbangan di Bali dibatalkan karena erupsi Gunung Raung di Jawa Timur.

"Refund siap kami berikan. Ini tergantung masing-masing airline karena mereka memiliki prosedur standar berbeda," kata Direktur Safety and Security Indonesia AirAsia Extra, Jurry Soerya Wiharko, di Kantor Angkasa Pura I Bandara Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (10/7/2015).

Refund tersebut, lanjut dia, akan diberikan apabila ada calon penumpang yang mengajukan untuk mengganti tiket penerbangan yang tidak jadi digunakan setelah pembatalan penerbangan di bandara itu.

Pihak maskapai, lanjut dia, telah memberitahukan kepada calon penumpang melalui surat elektronik terkait pembatalan penerbangan tersebut. Maskapai penerbangan juga siap mengakomodasi logistik, termasuk penginapan tambahan, selama pembatalan jadwal penerbangan.

"Pemberitahuan lebih awal sudah dilakukan. Kami juga memberikan pengamanan untuk kembali ke hotel," katanya.

Jurry lebih lanjut menjelaskan bahwa maskapainya membatalkan dua penerbangan untuk Indonesia AirAsia Extra tujuan Melbourne dan Taipe. Seharusnya, rute Denpasar-Melbourne terbang pada Kamis 9 Juni, namun dibatalkan hingga hari ini karena erupsi Gunung Raung.

Sedangkan tujuan Taipe dijadwalkan terbang pada Jumat ini pukul 18.00 Wita. Penumpang dua tujuan tersebut masing-masing mencapai 377 orang. Ia memprediksi secara keseluruhan AirAsia membatalkan 33 penerbangan. (Antara)


(TRK)