Indonesia akan Bangun Pangkalan Militer di Perbatasan

Mufti Sholih    •    Jumat, 10 Jul 2015 15:13 WIB
tni
Indonesia akan Bangun Pangkalan Militer di Perbatasan
Andrinof Chaniago---Ant/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan membangun pangkalan militer untuk menjaga wilayah perbatasan. Pangkalan dikhususkan untuk menjaga perbatasan Indonesia yang berhadapan dengan Laut Cina Selatan.

Bappenas dan Kementerian Pertahanan tengah menggodok rancangan pangkalan itu. "Pertemuan kita (Bappenas dan Kemenhan-Red.) untuk menyatukan tekad melindungi kepentingan nasional dan menjaga wilayah kedaulatan, khususnya wilayah terdepan kita diperbatasan. Tugas kita sesuai amanat UUD melindungi segenap tumpah darah Indonesia kan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago seperti dilansir Antara, Jumat (10/7/2015).

Menurut Andrinof, Bappenas akan melakukan kajian bersama Kemenhan untuk menentukan di mana saja pangkalan dibangun. Sejauh ini, kata dia, ada beberapa lokasi seperti daerah Sambas Tanjung Datuk, Natuna atau Tarakan.

"Hasil kajian nanti kita sampaikan pada Bapak Presiden Jokowi untuk diputuskan beliau. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat terealisasi," ujarnya.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacuddu setuju dengan rencana tersebut. Ryamizard yang pernah menjadi KSAD menyebut potensi ancaman kedaulatan, bangsa khususnya wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan harus jadi prioritas. Mengingat, sering menjadi obyek sengketa perbatasan beberapa negara.

"Saya pernah tugas di Kalbar dahulu dan adanya pangkalan militer itu sangat tepat. Ada potensi sumber daya alam kita di Natuna juga sumber laut kita yang melimpah yang harus dijaga," tegas Ryamizard.


(TII)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA