Pilot Tommy Hendratno Bantah Terlibat ISIS

Intan fauzi    •    Jumat, 10 Jul 2015 17:07 WIB
wni gabung isis
Pilot Tommy Hendratno Bantah Terlibat ISIS
Tommy Hendratno. Foto: Facebook

Metrotvnews.com, Bogor: Tommy Hendratno enggan berkomentar soal dugaan keterkaitannya dengan Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Menurutnya, pernyataan dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti sudah cukup menegaskan posisinya.

"Kan sudah pasti (tidak terlibat), sudah ada statement dari Kapolri juga. Jadi saya tidak mau semakin ramai di media. Mohon pengertiannya," kata Tommy saat ditemui Metrotvnews.com di Masjid Ali Bin Abi Tholib, Jalan Raya Kapten Yusuf, Tamansari, Bogor, Jumat (10/7/2015).

Saat ditemui, pensiunan TNI Angkatan Laut itu baru selesai wudhu untuk salat Ashar. Beberapa hari terakhir Tommy memang berada di masjid untuk itikaf.

"Maaf ya, saya masuk lagi mau melanjutkan itikaf," kata Tommy yang berbaju krem.

Kapolri menegaskan jika Tommy dan temannya sesama pilot, Ridwan Agustin, belum terbukti terlibat jaringan ISIS. "Dari hasil penyelidikan oleh Polri, memang belum terkait dengan jaringan, mungkin juga hanya mendukung dalam akunnya juga hanya mendukung ISIS," kata Badrodin.

Organisasi pemantau perekrutan militan asing, Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC), melaporkan adanya peningkatan tajam jumlah WNI yang bergabung dengan ISIS dalam beberapa bulan terakhir.
 
"Antara 1 Maret dan 1 Juni 2015, 44 WNI terbunuh di Suriah dan Irak," ucap Sidney Jones, Kepala IPAC di Jakarta, seperti dikutip The Intercept.
 
Pernyataan IPAC keluar setelah muncul kabar dua pilot Indonesia, Ridwan Agustin dan Tommy Hendratno bergabung dengan ISIS. Dugaan ini muncul dalam laporan Kepolisian Federal Australia atau AFP, yang dibuat berdasarkan penyelidikan sejak September 2014.
 
Ridwan dan istrinya diketahui sama-sama mantan pegawai maskapai AirAsia. Sementara Tommy dikenal sebagai mantan pilot militer yang dilatih di Paris dan bekerja untuk sebuah sekolah penerbangan lokal.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA