Kebakaran di Bandara Soetta, Kemenhub Kirimkan Surat Teguran

Irene Harty    •    Jumat, 10 Jul 2015 17:10 WIB
kebakaran
Kebakaran di Bandara Soetta, Kemenhub Kirimkan Surat Teguran
Kebakaran Bandara. Foto: Muhammad Iqbal/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan sudah mengirimkan surat teguran mengenai kejadian kebakaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pekan lalu. Direktur Bandar Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan surat itu fokus pada standar pengamanan apabila terjadi kebakaran. 

"Dirjen Udara sudah beri teguran kepada Angkasa Pura II dan corrective action dengan tidak dipenuhinya standar keamanan apabila ada kebakaran," papar Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Berdasarkan hasil inspeksi yang dilakukan Kementerian Perhubungan, respons pemadaman kebakaran di bandara kurang cepat. Ditemukan pula salah satu finding pemadam ringan sudah kadaluarsa. Itu tampak dari warna yang sudah memudar dari merah menjadi kream.

Lokasi yang menjadi lounge, lokasi kebakaran, juga tidak sesuai peruntukkan. "Pada 1985 tempat kejadian itu digunakan untuk lalu lalang penumpang. Paralel dengan semakin meningkatnya penumpang, Angkasa Pura II menjadikannya tempat services dan bisnis salah satunya lounge," katanya.

Kondisi itu sesuai dengan temuan tim inspeksi Kemenhub. Di lokasi JW Longue Terminal 2E yang terbakar tidak ditemukan adanya fire detector, sesuai dengan desain awal untuk keperluan lalu lalang penumpang.


(KRI)