Jalur Mudik Jakarta-Lampung Siap Dilalui

Aulia I. Salam    •    Jumat, 10 Jul 2015 19:25 WIB
mudik lebaran 2015kemenpu ads
Jalur Mudik Jakarta-Lampung Siap Dilalui
Perbaikan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Palembang-Lampung dikebut demi kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Metrotvnews.com, Lampung: Jalur lintas Timur ruas Lampung masih menyisakan pekerjaan tahap akhir. Meski belum 100 persen, jalur yang menghubungkan Jakarta dengan Lampung ini sudah siap dilalui pemudik lebaran.

"Pekerjaan yang tersisa dilanjutkan seusai Lebaran dan selesai dalam tiga bulan ke depan," ujar Kasubdit Wilayah ID Dit. Bina Pelaksanaan Wilayah I, Jefri.

Ini disampaikannya kepada rombongan Komisi V DPR yang meninjau kesiapan jalur Lampung dan Banten, Jumat (10/7/2015). Untuk perbaikan di jalur lintas tengah dan barat, menurutnya sudah selesai total.

Tahun 2015 Propinsi Lampung dialokasikan dana sebesar Rp 976,7 miliar untuk perawatan jalan. Sebanyak Rp 80,2 miliar di antaranya berasal dari pinjaman luar negeri.

Selain untuk pemeliharaan rutin jalan dan jembatan, dana juga dipakai keperluan rekonstruksi, pelebaran jalan, pembangunan/penggantian jembatan.

"Termasuk pembangunan jalan baru sepanjang 9,18 km," sambung Jefri.

Kondisi jalan Lintas Tengah di Lampung secara umum dalam kondisi mantap dan fungsional. Ruas Lintas Timur dari Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni.

Di Simpang Bujuk Tenuk - Bts. Kab. Lamteng/Tulang Bawang - Bts. Lamtim terdapat kerusakan jalan akibat terputusnya Jembatan Way Lempuyang pada Januari lalu. Saat ini pekerjaan penanganan kerusakan jalan masih berlangsung dan H-7 dipastikan rampung.

"Akibat putusnya jembatan Way Lempuyang kendaraan menuju Bakauheni dialihkan ke jalan penghubung. Saat ini 2 buah jembatan Bailey sudah bisa dilalui kendaraan berukuran kecil," jelas Kepala Satker PJN Wilayah I Propinsi Lampung, Demsi Saat.

Ditegaskan, kerusakan jalan pada Lintas Penghubung Tegineneng - Bts Kota Metro - Sukadana juga terjadi sebagai dampak terputusnya Jembatan Way Lempuyang. Hingga kini pekerjaan pada ruas- ruas tersebut masih berjalan dan akan rampung  H-7. 

Ruas Lintas Timur dan Penghubung (Pematang Panggang - Sp Pematang - Sp. Bujung Tenuk - Terbanggi Besasr (131,7 km) terdapat pekerjaan peningkatan struktur jalan (3,7 km) dan pembangunan Jembatan Way Lempuyang (30 meter). Sedangkan di ruas Lintas Tengah  juga terdapat pekerjaan yakni peningkatan struktur jalan, pelebaran jalan dan pemeliharaan berkala jembatan.

Menurut Kepala Satker PJN Wilayah II Propinsi Lampung, Adri Saputra, di beberapa segmen masih terdapat kondisi jalan yang retak-retak. Hal itu terjadi karena padatnya kendaraan berat yang lewat.

Kunjungan kerja Komisi V DPR mencakup meninjau kesiapan Bandara Raden Inten II dan Pelabuhan Bakauheni serta Merak. Rombongan dipimpin Waka Komisi V DPR Michael Wattimena yang dipandu pejabat Balai Pelaksana Jalan Nasional III.
 


(LHE)